Selasa, 23 Agustus 2011

KAMUS CALCIO

oleh Aya RepublikMilanisti Kamase pada 15 Desember 2010 jam 3:29

TREQUARTISTA:
--- secara harfiah trequartista berarti playmaker, seorang pemain yang tugas nya mengatur permainan dan lebih spesifik lagi mengatur serangan. playmaker sendiri bisa berposisi di kiri, tengah atau kanan, sedangkan seorang trequartista biasanya berada tepat di belakang 2 sriker, sebagai second striker, dalam formasi 4-3-1-2 atau 3-4-1-2. seorang trequartista biasanya memiliki skill teknik dan dan kemampuan membaca permainan diatas rata2, dan bertipe fantatista (berasal dari kata fantasi), yang mengacu pada kreatifitas dan imajinasi nya. dulu, trequartista identik dengan pemain bernomor 10, tapi sekarang tidak lagi. CONTOH: Roberto Baggio, Totti, Del Piero, Kaka, Sneidjer, Pastore, Bergkamp, Hernanes, Ganso, Rui Costa, Diego, Zidane, Boban, Xavi, Riquelme, dan tentu pelopornya Diego Maradona, dll.

tidak semua pemain berskill hebat bisa jadi trequartista, contohnya Ronaldinho dan Christiano Ronaldo, yang lebih sering beroperasi dari sayap.


ATTACANTE:---- attacante dalam bahasa inggris berarti "attacker" atau penyerang. attacante bisa berarti striker, targetman, atau second striker. tugas utamanya tentu menyerang dan mencetak gol.CONTOH: Ibra, Anelka, Torres, Robinho, Pato, Villa, Dzeko, Pippo, dll.

CENTROCAMPISTA:---- centrocampista dalam bahasa inggris berasal dari kata "center", jadi, centrocampista berarti pada pemain tengah atau gelandang secara umum, bisa gelandang sayap, serang atau bertahan. gelandang sendiri ada banyak macamnya, nanti dibahas di bawah. CONTOH: Gattuso, De Rossi, Lampard, Boateng, Brocchi, Gerrard, Valencia, Khedira, Makalele, dll.

DIFENSORE:
--- difensore sama dengan defender dalam bahasa inggris, atau pemain bertahan atau biasa kita kenal dengan bek. defender dalam formasi 4 bek, terdiri dari bek kiri, bek kanan, bek tengah kiri dan bek tengah kanan. -- bek kanan dan kiri sering juga disebut WING BACK atau FULL BACK. pemain jenis ini selain punya kemampuan bertahan juga hebat dalam menyerang melalui sayap, biasanya punya lari yang cepat dan umpan silang yang bagus. CONTOH WING BACK atau FULL BACK: Serginho, Jankulovski, Bastos, Ramos, Cafu, Gareth Bale, dll.

PORTIERE = goalkeeper -- kiper.

DEEP-LYING PLAYMAKER/DEEP PLAYMAKER: --- istilah deep playmaker naik daun dan menjadi populer ketika Andrea Pirlo meraja lela bersama Milan dan Italia. peran deep playmaker orisinil diiptakan oleh Carlo Ancelotti, saat dia menempatkan Andrea Pirlo, yang aslinya adalah seorang trequartista, menjadi gelandang bertahan tepat diatas 4 pemain belakang. namun, posisi ini sebenarnya pernah di jalankan oleh pemain lain sebelum Andrea Pirlo, contohnya Redondo di Real Madrid dan Edgar Davids di Juventus. Tapi Pirlo lah yang memberi definisi pada peran ini. setiap ada orang bilang kata deep playmaker, pasti pikiran pertama tertuju pada nama Andrea Pirlo. Seorang deep playmaker bertugas mengatur permainan dari sejak saat bola berada di daerah pertahanan sendiri. dia yang mengatur tempo permainan menjadi cepat atau lambat, dia membantu pertahanan dan juga menciptakan peluang gol. pemain ini juga yang menghubungkan lini belakang dan lini depan. tipe pemain ini memiliki skill bertahan yang baik sekaligus teknik yang diatas rata-rata. sangat jarang pemain yang bisa memainkan peran deep playmaker, karena jarang juga formasi yang menerapkan peran ini. CONTOH: Pirlo, Redondo, Gerrard, Effenberg, Roy Keane, Mario Basler, Davids, Xabi Alonso, De Rossi, dll.


(MIDFIELDER):

ATTACKING MIDFIELDER (gelandang serang): bertugas utama menyerang, menciptakan peluang, dan juga mencetak gol. attacking midfielder bisa bermain ditengah atau juga di kan kiri lapangan. attacking midfielder biasanya punya skill bagus dan naluri mencetak gol yang baik. CONTOH: Gerrard, Lampard, Beckham, Lazzari, Seedorf, Ronaldinho, C. Ronaldo, Iniesta, Nasri, Hamsik, Honda, Oziel, Swanschteiger, dll.

DEFENSIVE MIDFIELDER/HOLDING MIDFIELDER (gelandang bertahan): gelandang bertahan juga kadang disebut pemain jangkar, atau breaker (perusak). pemain ini utamanya memiliki stamina yang istimewa, tapi tidak terlalu mengandalkan teknik. tugasnya adalah mematahkan serangan lawan sebelum mencapai jantung pertahanan. CONTOH: Gattuso, Flamini, Makalele, Brocchi, Mascherano, Lass Diarra, Busquet, dll.

WINGER/WIDE MIDFIELDER (gelandang/penyerang sayap): pemain ini beroperasi khusus di sayap kanan atau kiri, biasanya dalam formasi 4-4-2. mereka keutamaan pemain ini adalah memiliki ketepatan umpan silang yang diatas rata-rata, dan merupakan pelari cepat. beda dengan bek sayap, tugas winger lebih fokus ke penyerangan. CONTOH: Beckham, Figo, Valencia, Roberto Donadoni, Angelo Dilivio, Diego Chapel, Robben, Aaron Lennon, Jesus Navas, Krasic, Nedved, Ribery, dll.

BOX-TO-BOX MIDFIELDER (gelandang serba bisa): karena perannya yang mampu bertahan dan menyerang sama baiknya, posisi ini sering bertukar dengan deep playmaker, dan seorang box-to-box midfielder juga sering kali mampu menjalankan peran deep playmaker. bedanya, box-to-box midfielder tugasnya lebih umum, menyerang dan bertahan sama besar porsinya, mereka punya kemampuan lebih komplit, punya stamina yang istimewa, dan juga skill yang lumayan dalam hal tackling, passing dan shooting, sedangkan deep playmaker lebih fokus ke mengatur atau mendikte permainan. CONTOH: Prince Boateng, Patrick Viera, Damiano Tomassi, Ancelotti, Flamini, Seedorf (era Carletto), Ridjkaard, Essien, Carrick, Cambiasso, Marcos Senna. dll


NOTE: seorang pemain kadang bisa menjalankan 2 atau bahkan 3 peran di lapangan, tergantung kebutuhan tim dan instruksi pelatih. Contoh: seorang bek sayap sering dipasang sebagai gelandang sayap karena kemampuan menyerangnya yang istimewa, misalnya Serginho, Marcelo atau Bale, kadang juga sebaliknya, Abate yang aslinya adalah seorang gelandang serang dipasang sebagai bek kanan untuk memenuhi kebutuhan tim. Ruud Gullit yang aslinya adalah gelandang pernah dipasang jadi striker saat MVB cidera.


POACHER: striker atau targetman yang ounya finishing skill hampir sempurnya, walaupun kadang tekniknya sangat biasa saja. pemain ini mampu mencetak gol dengan hampir semua anggota tubuhnya; kepala, kaki kanan dan kiri, dada, lutut, paha, punggung, muka, pinggul bahkan pantat, dalam posisi sesulit apapun, dari peluang sekecil apapun. pemain ini lebih sering beroperasi di dalam kotak penalti lawan. POACHER sendiri secara harfiah artinya "pemburu gelap", mungkin ini mengacu pada positioning mereka yang sering tidak terdeteksi lawan dan selalu berada di tempat dan waktu yang tepat untk mencetak gol. mereka adalah predator sejati.

CONTOH: Van Nistelrooy, Trezeguet, Pazzini, Luca Toni, Gilardino, Crespo, Tomasson, Gary Lineker, dan yang terbaik dari semuanya PIPPO INZAGHI. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar